SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS PESANGGARAN KABUPATEN BANYUWANGI

Laman

Selasa, 19 Januari 2016

Penilaian Posyandu Aktif, Kepala Desa dan TP PKK Tingkat Kecamatan Pesanggaran

Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan posyandu serta melakukan pembinaan terhadap apa yang masih perlu ditingkatkan, seperti tingkat partisipasi masyarakat, dan kesadaran akan pentingnya pemantauan status gizi, cakupan imunisasi pada bayi dan balita. Permasalahan yang sering ditemui di Posyandu adalah rendahnya cakupan kunjungan (D/S), cakupan timbangan (N/D), dan cakupan imunisasi yang masih belum lengkap pada bayi/balita. Untuk lomba dasawisma ber-PHBS, permasalahan yang ada adalah cakupan PHBS yang masih belum mencapai target nasional yaitu 70% rumah tangga ber-PHBS.
Melalui penilaian sekaligus pembinaan terhadap Posyandu, Kader Posyandu, TOGA dan dasawisma tersebut diharapkan dapat mengidentifikasi kendala-kendala maupun permasalahan yang ditemui di lapangan dengan tindak lanjut perbaikan secara bersama-sama, baik pembinaan secara lintas sektor maupun lintas program.
Disamping Posyandu aktif penilaian dilakukan kepada Kepala Desa dan TP PKK Desa yang aktif mendukung kelangsungan kegiatan Posyandu yang meliputi dukungan dana, sarana dan prasarana yang diperlukan dalam kegiatan di Posyandu.

Aktivitas Penilaian Posyandu aktif :