SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS PESANGGARAN KABUPATEN BANYUWANGI

Laman

Selasa, 19 Januari 2016

Taman Posyandu Desa Pesanggaran


Pendidikan bagian aset penting sebuah kemajuan bangsa dan merupakan hak anak negeri ini untuk mengikuti setiap jenjang pendidikan, baik masa usia dini maupun pendidikan pada jenjang berikutnya. akan tetapi, pada masa usia dini cenderung para orang tua kurang begitu tertarik untuk melibatkan buah hatinya turut dalam pendidikan tersebut. padahal pada usia dini antara 0-6 tahun, otak balita berkembang sangat cepat hingga 80 persen. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk. Karena itu, banyak yang menyebut masa tersebut sebagai masa-masa emas anak (golden age).

Taman Posyandu adalah layanan PAUD yang terintergrasi dengan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Bina Keluarga Balita (BKB). Aksi ini diprakarsasi oleh para kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jawa Timur. Sejak Maret 2012. Posyandu dan BKB menjadi penting karena merupakan implementasi dalam kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik-Integrasi, yaitu kegiatan Paud dan menjadi satu dengan program Bina Keluarga Balita (BKB), dan Pos Pelayanan terpadu (Posyandu).
Di Puskesmas Pesanggaran terdapat 5 buah tempat pelayanan Taman Posyandu yang sudah berjalan, semua berkat dukungan berbagai elemen masyarakat yang ada. Seperti : TP-PKK Desa, Kader Posyandu, Guru Pendidik PAUD, Tokoh Masyarakat dan tokoh agama serta Petugas Puskesmas selaku pembina lapangan Taman Posyandu.

Aktivitas Taman Posyandu :