SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS PESANGGARAN KABUPATEN BANYUWANGI

Laman

Kamis, 14 Januari 2016

Penilaian Kantin Sehat Dalam Tangka HKN ke-51 Tahun 2015


Diselenggarakanya Penilaian Kantin Sehat dalam rangka HKN ke-51 tahun 2015 dapat memberikan inspirasi betapa pentingnya keberadaan kantin di sekolah-sekolah bertujuan  Agar para siswa dapat mengetahui jenis-jenis makanan dan minuman yang bersih, higienis dan sehat untuk dikonsumsi. Dan para penjual di kantin sekolahpun juga bisa menjual makanan dan minuman yang lebih bermutu dan bernilai gizi tinggi.
Dibawah koordinasi Bidang PLPM Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) melakukan penilaian di beberapa sekolah di kabupaten BanyuwangI.


SEKILAS TENTANG KANTIN SEHAT
Apa peranan kantin sekolah dalam penyediaan pangan sehat dan aman?
  1. Kantin atau warung sekolah merupakan salah satu tempat jajan anak sekolah selain penjaja makanan jajanan di luar sekolah.
  2. Kantin sekolah mempunyai peranan yang penting dalam mewujudkan pesan-pesan kesehatan dan dapat menentukan perilaku makan siswa sehari-hari melalui penyediaan makanan jajanan di sekolah.
  3. Kantin sekolah dapat menyediakan makanan sebagai pengganti makan pagi dan makan siang di rumah serta camilan dan minuman yang sehat, aman dan bergizi.
Makanan apa saja yang dijual di kantin sekolah?
  1. Makanan Utama yang dapat disiapkan di rumah terlebih dahulu atau disiapkan dikantin.Contoh makanan sepinggan seperti gado-gado, nasi uduk, siomay, bakso, mie ayam, lontong sayur dan lain-lain.
  2. Makanan camilan adalah makanan yang dikonsumsi di antara dua waktu akan. Makanan camilan terdiri dari: Makanan camilan basah, seperti pisang goreng, lemper, lumpia, risoles, dan lain-lain.  Makanan camilan ini dapat disiapkan di rumah terlebih dahulu atau disiapkan di kantin.— Makanan camilan kering, seperti produk ekstrusi (brondong), keripik, biskuit, kue kering, dan lain-lain. Makanan camilan ini umumnya diproduksi oleh industri pangan baik industri besar,  industri kecil, dan industri rumah tangga.
  3. Kelompok minuman yang biasanya dijual di kantin meliputi:  Air putih, baik dalam kemasan maupun yang disiapkan sendiri. Minuman ringan : Dalam kemasan, misalnya teh, minuman sari buah, minuman berkarbonasi, dan lain-lain. Disiapkan sendiri oleh kantin, misalnya es sirup, teh. Minuman campur, seperti es buah, es campur, es cendol, es doger, dan lain-lain.
  4. Buah merupakan salah satu jenis makanan sumber vitamin dan mineral yang penting untuk anak usia sekolah.  Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Buah-buahan dapat dijual dalam bentuk : Utuh, misalnya pisang, jambu, jeruk, dan lain-lain. Kupas dan potong, misalnya : pepaya, nanas, melon, mangga, dan lain-lain

Profil Kantin Sehat di beberapa Sekolah :